Manajemen Umum
Pentingnya manajemen : Mencapai tujuan, menjaga keseimbangan dan mencapai efisiensi dan efektifitas
Keberhasilan Organisasi :
1. Manajer menjalankan fungsinya
2. Tersedia tenaga ahli sesuai bidang
3. Anggaran yang memadai (opsional)
4. SarPras kerja
5. Mekanisme kerja yang sesuai
6. Iklim kerja yang positif
Sumber daya organisasi:
1. Man
2. Machine
3. Material
4. Money
5. Method
Fungsi Manajemen :
Plaining Organizing Actualizing Controlling
Tipe Pekerja :
1. Operative : langsung menangani pekerjaan dan tidak terikat tanggung jawab untuk mengawasi pekerjaan orang lain
2. Managers : mengarahkan pekerjaan orang lain
- First-line Managers
- Middle Managers
- Top Managers
Lingkungan Organisasi = individu/kelompok yang mempengaruhi cara sebuah organisasi mencapai tujuan baik secara langsung atau tidak.
Lingkunga Organisasi :
a. Lingkungan Internal : Struktur organisasi, Budaya, Sumber daya yang dimiliki dan pemegang saham
b. Lingkungan Eksternal
- Mikro : Pesaing, Pelanggan, Pasar Tenanaga Kerja, Lembaga keuangan, Para penyedia dan Perwakilan Pemerintah
- Makro : Teknologi, Ekonomi, Plitik dan Hukum, Sosialkultural
Plainning (Perencanaan)
Visi adalah Cita-cita/impian yang ingin dicapai yang memberi gambaran ideal perusahaan yang masih bersifat abstrak.
Misi adalah tindakan untuk mewujudkan visi
Perencanaan WHAT, WHEN, WHO and HOW
Penetapan tujuan yang baik :
1. Spesifik
2. Realistis
3. Terukur
Proses Pengambilan Keputusan :
1. Identifikasi masalah
2. Identifikasi kriteria pemecahan masalah
3. Alokasi bobot dari kriteria
4. Identifikasi alternatif
5. Analisa alternatif
6. Menyeleksi alternatif yang ada
7. Implementasi alternatif yang ada
8. Evaluasi
Masalah dapat diketahui dari beberapa sumber, yakni:
1. Masa lalu
2. Ketidak sesuaian dengan rencana
3. Dari orang lain
4. Prestasi pesaing yaang menjadi tolak ukur bagi perusahaan
Tipe masalah
1. Masalah terstruktur dan pengambilan keputusan terprogram
2. Masalah tak terstruktur dan pengambilan keputusan tak terprogram
Tidak ada komentar:
Posting Komentar